Tentang Prodi

Tentang Prodi | History | Vision and Mission | Objective and Outcome | Strategy

Tujuan pendidikan di Jurusan Teknik Geologi di Fakultas Ilmu dan Teknologi Bumi:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dasar yang kuat sehingga ia fleksibel untuk menyesuaikan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan kesuksesan dalam profesinya.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan pengetahuan mereka pada tingkat yang lebih tinggi sehingga mereka dapat diterima untuk melanjutkan pendidikan lebih lanjut dan menyelesaikan dengan baik 
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap dan perilaku yang memiliki dampak positif pada masyarakat (hard and soft skill) serta menunjukkan kepemimpinan di lingkungannya.

Setiap lulusan Program Sarjana Teknik Geologi ITB diharapkan:

  1. Memahami pengetahuan dasar geologi dan aplikasinya, mampu melakukan penelitian deskriptif, berpikir logika dan rasional, serta memiliki kemampuan intelektual, penguasaan pengetahuan dan keahlian tinggi, memiliki konsepsi global, peka terhadap kondisi lokal berpotensi tumbuh. Dan mau belajar sepanjang hidup agar bisa melengkapi diri dengan pengetahuan dan informasi terkini.
  2. Memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan mengolah data geologi dari berbagai sumber data (data lapangan dan non lapangan) dengan kreativitas tinggi dan pemikiran inovatif, serta sistematik untuk memahami bagaimana sebuah sistem bekerja dalam keseluruhan proses untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang sistem.
  3. Miliki keterampilan untuk menerapkan pengetahuan geologi dan peka terhadap masalah yang terjadi di masyarakat dan bisa menganalisanya dalam hal ilmu geologi dan ilmu terkait, termasuk kemampuan mendiagnosis dan mengembangkan strategi pemecahan masalah yang tidak rutin untuk mengembangkan metakognitif. Kapasitas dalam bentuk refleksi kreatif dan inovatif mengenai strategi pemecahan masalah.
  4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki tuas yang lebih tinggi
  5. Memiliki kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi dalam melakukan suatu acara dengan kematangan emosional yang ditandai dengan kepercayaan diri yang tinggi, independen, mengekspresikan pendapat dengan baik, menghargai perbedaan pendapat, memiliki empati dan sensitivitas sosial, andal, dan mampu bekerja dalam tim lintas disiplin dan Menanggapi isu-isu kontemporer.

Memiliki etika dalam menjalankan fungsinya di masyarakat, baik dalam organisasi profesi maupun masyarakat, dengan moral baik, karakter mulia, kepemimpinan, semangat kewirausahaan, kompetensi, dan mau membangun dan menjaga keutuhan bangsa.

IndonesiaEnglish